Saturday, October 15, 2016

Saat Trotoar Jadi Arena Para Model Berlenggak-lenggok



Banyuwangi - Trotoar sepanjang 140 meter di Taman Blambangan, Banyuwangi, disulap menjadi catwalk dalam acara Fashion on Pedestrian. Sebanyak 100 'model' berlenggok cantik memamerkan busana yang mereka rancang sendiri. 


Busana yang ditampilkan dalam Fashion on Pedestrian merupakan modifikasi dari batik asal Banyuwangi. Ada tiga kategori yang dilombakan yakni kategori anak dengan busana kasual, kategori remaja dengan busana pesta dan kategori dewasa dengan batik untuk pakaian kerja. 



"Kita lakukan audisi, lomba motif dan lomba desain. Sehingga motif kita yang dulunya ada 22, sekarang sudah ada 62," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Pertambangan, Hary Cahyo di Taman Blambangan, Banyuwangi, Jumat (7/10/2016). 



Foto: Kartika S Tarigan/detikcomFoto: Kartika S Tarigan/detikcom



Hary mengatakan, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mendorong kreatifitas anak Banyuwangi dalam mencintai batik. "Desainnya beda, harus modis. Saya tidak ingin batik Banyuwangi itu murahan, ingin punya kualitas yang berdaya saing," ujar Hary. 



Dalam perlombaan itu, ada 20 orang yang masuk dalam kategori model anak, 60 orang model remaja dan 20 lainnya dewasa. Sebanyak 30 orang dengan nilai tertinggi, nantinya akan diikutsertakan dalam Banyuwangi Batik Festival (BBF). Sebanyak lima juri juga dihadirkan untuk melakukan penilaian. 



"Ini mereka kan merancang busana sendiri, beberapa bekerjasama dengan IKM juga. Nanti kita ambil pemenang ke 1,2 dan 3 itu mendapatkan tropi, sertifikat dan uang tunai," ujar Hary.



Foto: Kartika S Tarigan/detikcomFoto: Kartika S Tarigan/detikcom



Salah satu peserta kategori remaja, Anindita mengaku antusias mengikuti perlombaan ini. Remaja berusia 17 tahun itu membawakan busana pesta dengan tema simpel elegan. 



"Kita kemarin ada gladi resik, tapi agak kesulitan karena jalannya itu kan enggak rata. Jadi agak susah kalau mau muter," katanya.



Penampilan para model ini menarik perhatian sejumlah masyarakat yang berdiri di sepanjang pedestrian untuk menonton dan mengambil gambar. Pengendara motor yang melintas juga sesekali menengok dan menikmati fashion show itu. 



Foto: Kartika S Tarigan/detikcomFoto: Kartika S Tarigan/detikcom



Fashion on pedestrian merupakan rangkaian yang digelar sebelum acara puncak Banyuwangi Batik Festival (BBF). BBF akan digelar pada hari Minggu (9/10), ketua DPR RI Ade Komarudin akan membuka langsung festival yang juga dihadiri puteri Indonesia 2016 itu. 



"Iya (Minggu) ke Banyuwangi," kata Ade Komarudin saat dikonfirmasi.



Foto: Kartika S Tarigan/detikcomFoto: Kartika S Tarigan/detikcom

(kst/try)

Source : http://news.detik.com/berita/d-3315910/saat-trotoar-jadi-arena-para-model-berlenggak-lenggok

0 comments:

Post a Comment